26 Oktober 2021

Autumn 2021 dan Ujian Tahun Kedua

Monday, 25 Oct 2021


Exam Year Two

Alhamdulilah, tepat hari ini pak suami menempuh ujian PhD tahun kedua. Masih dilaksanakan secara online seperti tahun kemarin. Ujian dilakukan pada pukul satu siang di kampus, karena wifi di rumah lagi lemot hehe. Alhamdulilah, satu jam kemudian ujian presentasi itupun selesai dan dinyatakan lulus, bisa lanjut tahun ketiga. Lega rasanya, ya walaupun nggak ikut sekolah, tapi turut menjadi saksi bagaimana dia belajar selama ini. Tak hanya drama belajar materi, namun kadang juga kendala muncul dari dosen pembimbing juga. Persislah ya sama kita pas garap skripsi S1 dulu. 

Seiring dengan berakhirnya lockdown covid tahun ini sejak Mei-Juni 2021. Kehidupan kampus mulai kembali menggeliat ramai. Para mahasiswa baru juga mulai berdatangan, kelas kelas offline di gelar. Atmosfer yang aku rasakan saat dulu pertama kali tiba di Coventry di awal 2020 mulai terasa. Suami juga mulai sering belajar di kampus, dimulai dari di perpustakaan yang pertama kali dibuka. Hingga kini sudah bisa belajar di gedung jurusannya sendiri.

Kalau boleh jujur, di pertengahan tahun 2021 inilah terasa benar sekolahnya. Ke kampus tiap hari, bisa bersosialisasi dengan teman (make new friend) dan menikmati fasilitas kampus dengan sebenarnya (kan uda bayar hehe). Tahun lalu Maret 2020 - April 2021 kami berdua hanya banyak di rumah karena lockdown covid, bahkan ujian tahun pertama juga dari rumah. Bersyukur sekali, walaupun angka covid ya masih naik turun sampai sekarang, pemerintah masih belum memilih opsi lockdown lagi (jangan dong plis).

Sekolah doktor emang tidak mudah. Idealnya selesai tiga tahun, namun layaknya sekolah s1 bisa juga maju atau mundur sedikit. Semoga ditahun ketiga ini dilancarkan studinya sampai nanti bisa ujian final. Amin

Kumpul Kumpul Bersama

Berangsur angsur pula, kini berkumpul sudah mulai boleh lagi. Dulu dibatesi banget, mulai dari hanya boleh maximal 6 orang saja, kini sudah bebas sebanyak apapun. Banyak teman teman yang mengagendakan ketemuan di rumah masing-masing. Senangnya aku, karena bisa ketemu banyak orang lagi, utamanya kenalan sama orang orang baru. 

Bulan lalu ada syukuran salah satu teman karena menempati rumah baru. Kemudian bulan ini juga ada satu teman yang baru pindahan. Nanti akhir bulan ada pengajian di luar kota. Ajang saling undang ke rumah ini yang jadi obat rindu. Apalagi di moment seperti inilah para ibu ibu saling bawa masakan khas daerah masing masing. Istilahnya potluck gitu, jadi pas di jadikan satu ada nano nano beragam masakan indonesia yang bisa di coba. 

Kebanyakan kami berkumpul dalam grup keluarga islam, alias pengajian gitu. Tapi ada juga kumpul yang bebas seperti waktu tasyakuran idul fitri, yang jumlah orangnya lebih banyak, biasanya diadakan di taman kota. 

Memasuki Autumn 2021

Autumn dimulai sejak bulan September - Oktober - November. Ini adalah autumn keduaku di Inggris. Tak terasa, secepat itu. Kini kembali melihat daun daun berguguran berwarna coklat, cantik sekali. Di autumn ini juga aku pindah ke akomodasi yang baru. Kini view dari flatku lebih cantik. Kalau dulu viewnya jalan raya-bus-kendaraan. Kini langsung menghadap ke pepohonan, yang juga di huni oleh dua tupai

Kini di flat yang baru tidak bisa seenaknya nyalain pemanas, karena listriknya uda bayar sendiri. Kalau di flat lama uda include bill jadi bisa on off kapan aja. Kalau disini sekarang akhirnya aku yang lebih banyak pakai baju hangat kalau pas di rumah, dan tentu saja pakai kaos kaki tak pernah lepas. Suhu rata rata perharinya 7-13 derajat. Sementara itu, teman temanku di Surabaya lagi panas panasnya, katanya sampai 38-41 derajat, masya allah kebalik yaa. 

Ramalan cuaca bulan Oktober - November

 Di Autumn ini juga aku sudah vaksin flu serta covid dosis dua. Di Inggris sini kalau memasuki autumn winter, dimana uda mulai dingin, maka rawan orang kena flu. Jadi sangat dianjurkan untuk vaksin flu juga. 

Di akhir bulan Oktober ini, waktu BST/British Summer Time juga sudah selesai. Jadi jam kembali normal, dimana kalau BST di majukan satu jam. Bisa dibilang waktu autumn BST ini tidur malamku paling nyenyak lho, karena malamnya panjang. Solat Isya nya jam 8 malam dan baru subuh jam 6.30 pagi. Jadi aku kadang baru bangun jam 6 pagi 😆😁. Mungkin ini reward dari Allah, karena pas summer kan Isya jam 11 malem trus subuh jam 2.30 pagi. 

Malam yang makin panjang

-------------------------------------------------------

Demikianlah sedikit life update dari tanah rantau. 

Ku sangat merindukan Surabaya, terutama makanannya 😅


0 comments: