Challenge Yourself Every Single Day

Kamis, 24 November 2016

Kitchenpan : Ayam Cabai Hijau

Hellow,
Hari ini lagi semangat masak di dapur, setelah kemarin googling beragam resep masakan yang simple dan enak. Akhirnya saya menjatuhkan pilihan untuk masak Ayam Cabai Hijau. Perjalanan dimulai pukul 04.30 subuh ke pasar dengan berjalan kaki. Tak lupa membawa krepekan (catatan) belanjaan supaya gak ada yang terlupa. Sebagai istri newbie kadang saya masih amatiran saat kepasar, jadi kudu nyatet dulu apa aja yg mau dibeli hehe. Alhasil pas dipasar tadi sempet disindir ibu pedagangnya, "Wes didelok mbak repekan ne?", duh malu nya

Belanja ke pasar pun tak semudah yang kubayangkan. Dimana becek dan pengap karena berdesakan keringat dengan para ibu-ibu lainnya. Ditambah dengan kegiatan tawar menawar serta antri ala ibu-ibu yang pengen segera dilayani. Intinya kudu sabar. Usai belanja maka tangan penuh dengan kresek yang kadang cukup berat (dan tidak ada troli). Bahkan banyak saya temui ibu-ibu yang membawa banyak belanjaan ditangan dan masih disambi gendong anaknya didada, hebat ! Untungnya sejak kecil saya sering sekali diajak ibuk kepasar tradisional. Jadi bukan hal baru untuk merasakan atmosfer pasar. Cuman kalau harus belanja sendiri saya masih sering tanya ke ibu, mana penjual ayam yang murah atau berapa rupiah harga seikat sayur. 

Balik kecerita pagi ini. Saya beli paha ayam 1/2 kg seharga 15 ribu (dapat 4 potong paha lalu dipotong jadi 2) kemudian beli bumbu-bumbu lainnya +/- 5 ribu. Kembali kerumah pukul 05.00 dan mulailah menyiapkan semua bahan, diuleh, ditumis dan siap dimakan. Prinsip saya masak No MSG, karena sehat dimulai dari dapur sendiri. Hasilnya pun tidak mengecewakan (hahaha, dipuji sendiri), setidaknya kata suami Enak kok. Jadi total belanjaan hari ini sekitar 20.000, sudah bisa buat makan Sarapan - Siang. Memang masak sendiri bisa dibilang hemat dan sehat. Kalau mau masak didapur pengeluaran bisa ditekan. Contoh yang paling bisa saya rasakan ya masakan ini, dengan harga 20ribu saya bisa makan Ayam hampir 6 potong. Sekarang kalau makan diluar seporsi paling nggak 20 ribu, ya boleh lah sekali-kali asal nggak tiap hari juga :)

Ayam Cabai Hijau ala Dina 

*******

Weekend ini mencoba bereksperimen dengan western food yaitu Mashed Potato dan Green Bean Saute. Ini terinspirasi dari Side Dish nya Steak Holycow. Untuk Mashed Potato lumayan ribet bahan bahannya. Yaitu Potato yg di lembutkan, susu cair, mentega, kaldu blok, grater cheese, seledri dan air. Trus saya bikinnya kebanyakan susu jadi mashed potato nya agak encer :(

Tapi untuk buncis nya berhasil sama persis dgn yg saya makan di Holycow, Yeay :D

Alhamdulilah, Happy Breakfast semua 

Ditambah dengan Patin Asam Manis :)


0 comments :

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas