Challenge Yourself Every Single Day

Senin, 26 September 2016

Berbagi Materi IELTS

Selama tiga tahun ini kehidupan saya berkutat dalam IELTS (International English Language Testing System). Ini dalam rangka mengejar mimpi saya melanjutkan studi S2 di negeri antah berantah. Tahun 2013 - 2014 saya sempat mengambil kursus intensif IELTS Preparation di I/A/L/F Jl Sumatra (kini sudah pindah ke Jl Ngangel Surabaya). Selama satu bulan 50 jam saya digembleng tips dan trik belajar Ielts. Setelah usai kelas kemudian saya daftar menjadi member Student Center (SC). Pasalnya SC di IALF sangatlah nyaman untuk belajar ditunjang dengan kelengkapan materi.

Saya juga sempat ikut Study Preparation (SP) tingkat 5 di IALF. SP merupakan les bhs inggris reguler. Pada saat itu saya memang memfokuskan diri untuk meningkatkan kemampuan bahasa. Sayapun resign dari pekerjaan eight to five saya dan beralih menjadi Freelencer. Sebagai freelencer saya lebih banyak punya waktu luang dan biasanya saya habiskan dengan belajar di SC. Untuk bisa daftar tes IELTS saya biasanya belajar dulu kurang lbh 3 bulan. Saat benar benar siap maka saya baru berani ambil the real test.

Nilai yang dibutuhkan yaitu 6,5 - 7.0 untuk apply di Universitas yg saya tuju. Saya pun sudah mengambil dua kali tes IELTS dan nilainya msh blm memenuhi (sedih deh). Tapi nggak papa, namanya belajar kan perjalanan jadi it will takes time. Hingga tulisan ini dibuat (27/09/2016) saya masih terus belajar. Walaupun bosan karena harus mengulang ulang materi itu itu lagi, tapi belajar memang harus sabar.

Metode belajar saya adalah membaca lalu menyalin apa yang sudah saya tangkap ke buku catatan saya. Karena sudah dua kali ambil tes ini maka buku catatan saya lumayan banyak. Dan untuk rencana tes ketiga ini rasanya tak sanggup untuk baca catatan lama. Jadi saya memutuskan untuk bikin catatan baru, start from the begining

Saya belajar dari Website ielts - simon. Berbeda dengan buku buku biasanya, lewat web ini saya nyaman untum belajar. Materi disampaikan setiap hari dengan singkat jadi ringan untuk dibaca dan dipahami. Kmrn saya sempat meng-compile materi Simon menjadi sebuah Catatan yang runtut.

Buat teman teman yang juga lagi belajar Ielts mungkin bisa dipakai buat referensi. Ini saya bagi di link ini untuk mendownload. Semoga berguna

Keep fighting felas 😊😊


0 comments :

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas