Challenge Yourself Every Single Day

Rabu, 04 November 2015

Udara Segar Berawal Dari Kendaraanmu

Seiring dengan maraknya kasus pembakaran hutan di Indonesia, sudah semestinya kita turut serta dalam menjaga lingkungan. Hal tersebut bisa kita lakukan dimulai dari lingkungan sekitar dan terdekat kita. Sebagai orang Surabaya, mungkin kita tidak memiliki banyak hutan seperti di wilayah Sumatra. Lalu bagaimana kita bisa berkontribusi dalam menjaga kualitas udara kota agar selalu sehat? Caranya dengan mengkontrol kualitas udara kendaraan kita. Sebagai Kota Metropolitan, jumlah kendaraan di Kota Surabaya pada tahun 2014 mencapai 2.6 juta dengan jumlah penduduk yang mencapai 2,8 juta.  Bisa dibayangkan berapa banyak polusi udara yang keluar dari kendaraan bermotor setiap harinya.

Picture by Me
Oleh karena itu, salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga udara kota dengan melakukan uji emisi pada kendaraan kita. Karena menurunnya kualitas udara lebih dari 70% disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor. Uji emisi adalah pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Coba kita perhatikan dijalan banyak kendaraan yang mengeluarkan kepulan asap hitam yang jika terhirup akan sangat berbahaya. Dengan adanya uji emisi maka kita bisa memastikan bahwa kendaraan memenuhi ketentuan ambang batas emisi gas buang.

Seperti yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup dan Pemerintah Kota Surabaya dalam  Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) 2015 yang meliputi kegiatan Uji emisi gas buang kendaraan bermotor. Acara digelar pada tanggal 27-29 Oktober 2015 di tiga lokasi berbeda yaitu Taman Surya, Jl Kertajaya Indah dan Jl Bukit Darmo Boulevard. Ditargetkan sebanyak 1500 kendaraan untuk melakukan uji emisi secara gratis. Jika mobil selesai diuji dan dinyatakan lulus uji akan diberikan stiker bertuliskan ‘LULUS UJI EMISI KENDARAAN BERMOTOR’ sebagai tanda bahwa kendaraan  memenuhi ambang batas emisi.  Tentu saja kegiatan ini direspon positive oleh masyarakat yang saat ini semakin menyadari perlunya udara yang bersih.


Kegiatan EKUP ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas udara perkotaan dalam rangka program Langit Biru 2015. Langit Biru merupakan program Nasional yang bertujuan untuk mendorong kualitas udara perkotaan dari pencemaran udara khususnya bersumber dari kendaraan bermotor melalui penerapan transportasi berkelanjutan. Selain kegiatan Uji emisi gas buang, kegiatan EKUP meliputi Traffic counting (pemantauan kinerja lalu lintas), Road side monitoring (pemantauan kualitas udara jalan raya) dan Pemantauan kualitas bahan bakar. Dengan kesadaran masyarakat perkotaan untuk menjaga kualitas udara lewat kendaraan, maka kita bisa mewujudkan udara di Indonesia selalu segar dan sehat. 

****
Read this article on Surya Newspaper, 2 November 2015
Online version : http://surabaya.tribunnews.com/2015/11/02/menyulap-langit-surabaya-selalu-biru


0 comments :

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas