Challenge Yourself Every Single Day

Kamis, 21 Mei 2015

Beastudi Indonesia Prepatory School by Dompet Duafa



Pada suatu kesempatan saya main twitter tak sengaja menemukan infomasi mengenai program ini. Suatu program yang unik dan langka dimana memberikan beasiswa persiapan bahasa inggris dan tes toefl international IELTS. Dalam mendaftar sekolah keluar negeri masalah bahasa dan toefl memang merupakan kunci dari keberhasilan diterima atau tidak. Dan sayangnya saat ini mayoritas universitas tidak menerima Toefl ITP namun mensyaratkan toefl IELTS dengan nilai Min 6.5. Bisa jadi ini merupakan tantangan utamanya bagi siapa saja yang nilai Toefl nya masih pas-pasan, karena menaikkan score toefl merupakan pekerjaan rumah yang cukup panjang dan menyita waktu.

Dilain sisi, biaya tes IELTS yang berkisar antara 2.5 - 2.7 juta ($195) tergolong mahal, utamanya untuk para scholarship hunter. Ditambah dengan biaya les persiapan (jika menghendaki ikut) yang tidak murah juga. Sehingga beasiswa yang dipersembahkan oleh Dompet Dhuafa ini sangatlah menggiurkan. Disamping benefit berupa biaya les dan tes ielts diprogram ini juga dibekali dengan persiapan sekolah keluar negeri dan bekal-bekal kepemimpinan saat kita berada dinegeri orang. Namun yang perlu digarisbawahi adalah peserta ditargetkan untuk mendapatkan score ielts 6.5 (No score below 6.0 each band).

Untuk mendaftar diprogram ini cukup mudah, utamanya dengan kalian yang sudah familiar dengan pendaftaran beasiswa lainnya. Seperti surat rekomendasi dan esay motivasi yang nantinya dikirim via pos ke Bogor. Hasil seleksi administrasi lolos sekitar 30-40 orang termasuk saya kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara via skype (untuk yang berada diluar kota). Sebelum menjalani interview saya sempat mencari alumi program ini, karena ini merupakan batch kedua jadi masih sedikit informasi yang bisa saya gali dari alumni sebelumnya. Saya mendapatkan jadwal interview sekitar pukul 14.00 dan ini merupakan pengalaman pertama saya wawancara via skype. Sensasinya memang berbeda, tapi alhamdulilah semua berjalan dengan lancar.

Walaupun saya belum bisa lolos dalam beasiswa BIPS ini namun saya bersyukur mendapatkan pengalaman kegagalan sekali lagi. Dari sini saya bisa menyiapkan amunisi yang lebih ampuh untuk pertempuran lainnya ! Untuk scholarship hunter lainnya, beasiswa BIPS ini sangat layak untuk dicoba. Siapkan diri kalian untuk batch-batch selanjutnya. Saya menulis mengenai hal ini untuk menyebarluaskan kesempatan ini untuk teman-teman lainnya (yang mungkin belum tahu dan sedang cari referensi).

GOOD LUCK
More Info : http://www.beastudiindonesia.net/

0 comments :

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas