Challenge Yourself Every Single Day

Selasa, 10 Maret 2015

Srikandi Tangguh Penantang Api

Hari ini rute nya menuju ke daerah Pasar Turi, mengunjungi sebuah Dinas yang panas yaitu Dinas Pemadam Kebakaran. Sudah cukup lama menulis dilingkungan pemerintah kota namun belum pernah sekalipun kebagian dinas yang satu ini. Yang membuat saya penasaran adalah seorang wanita yang ternyata menjadi pimpinan dari dinas ini. Padahal jika dibayangkan, pekerjaan ini sangatlah maskulin. Namun semua pikiran itu hilang setelah saya bertemu langsung dengan beliau dan menjabat tangannya. Rupanya di kantor ini tidak hanya dihuni oleh kaum adam, banyak juga bersliweran kaum hawa yang cantik.

Wanita juga bisa ! (Dokumentasi: Dinas Kebakaran Kota Surabaya)

Saya melakukan wawancara untuk majalah bulan Maret ini yang mengangkat liputan khusus mengenai dinas kebakaran. Kami ngobrol selama kurang lebih 2 jam dan saya jadi tahu banyak mengenai seluk beluk petugas pemadam kebakaran serta teknik-teknik memadamkan api. Untuk dapat menjadi anggota pemadam memang ada seleksi dan diklatnya, sehingga yang berada disini adalah orang-orang terpilih. Selain tangguh dan berani mereka juga harus siap untuk terjun saat ada kasus, tak peduli perempuan atau laki-laki. Saat dilapangan, bahkan sudah tidak dikenal itu laki atau perempuan, semua berseragam sama dan punya tugas sama. Kepuasan mereka dapatkan saat bisa memadamkan api dan dengan demikian membantu banyak orang. Walaupun kadang digoda dengan telepon dari Ayu Ting-Ting alias alamat palsu (katanya ada kebakaran namun setelah didatangi ternyata alamatnya tidak ada). Salut ya untuk mereka semua !

*****

Di Surabaya memang cukup banyak wanita yang memegang peranan penting khususnya menjadi pimpinan, Saya kenal beberapa ibu-ibu yang memang sangat terampil dan cakap dalam memimpin. Walaupun kadang identik dengan laki-laki namun mereka tidak kalah tegas dan sering pula menorehkan prestasi. Menjadi seorang jurnalis memang sangat mengasikkan. Kita tidak pernah tahu siapa orang yang akan kita temui esok hari. Hari ini hanya dengan dua jam, saya belajar menghargai profesi seorang pemadam kebakaran.

Besok kemana lagi?

0 comments :

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas