Challenge Yourself Every Single Day

Minggu, 15 Maret 2015

Book Review: Travel Young, Alanda Kariza

Be bold enough to take risks and face the consequence

Bulan ini buku yang saya tunggu-tunggu sampai juga ditangan. Buku keempat dari Alanda Kariza ini memang sudah saya incar sejak lama karena saya memang penggemar dari tulisan Alanda Kariza. Sebelumnya saya sudah pernah baca bukunya yang berjudul Dream Catcher yang sudah saya ulas disini. Dalam buku ini, ia menceritakan mengenai perjalanannya keliling dunia mewakili Indonesia dalam berbagai acara dan juga konferensi saat masih menyandang status mahasiswa. Yang menarik dari buku ini adalah ia selalu menyelipkan hikmah dan pelajaran yang ditemui disetiap perjalanan. Bahkan untuk hal-hal diluar acara konferensi, misalnya saat kamu tersesat di negeri orang apa yang bisa kamu ambil pelajaran nya dari kejadian itu.  Ada juga berbagai tips untuk melakukan perjalanan keluar negeri, terutama bagi kalian yang baru pertama kali melakukannya.

Dalam setiap forum yang ia hadiri, Alanda selalu berusaha tampil dan mengutarakan pendapatnya dihadapan forum. Membawa nama Indonesia dikancah internasional memang membutuhkan nyali tinggi untuk mampu mendapatkan perhatian dari negara lain. Jika tidak maka kita akan jadi pendengar saja disana. Sayang sekali bukan? Alanda sendiri merupakan seseorang yang menyukai solo traveling. Well, untuk saya sendiri jika harus berjalan-jalan dinegeri yang asing mungkin tidak begitu nyaman untuk sendirian saja. Misalnya saja saat saya ke Prancis pada tahun 2013 kemarin. Saya tidak pernah tahu jika saya akhirnya harus tidur di stasiun yang rawan dengan tindak kriminal. Beruntung saya tidak sendiri sehingga bisa saling menjaga.


Saat ini setahu saya Alanda bekerja di sebuah perusahaan besar di Jakarta. Perusahaan itu merupakan salah satu tempat yang ingin saya tuju, namun masih belum mendapatkan kesempatan kesana. Namun jika dilihat track record nya saya pikir Alanda akan melanjutkan kuliahnya di luar negeri dan berkarir di organisasi internasional seperti PBB. Dari sini saya belajar bahwa kita tidak perlu memenuhi ekspektasi orang lain terhadap kita. Seperti kata-kata yang ia tulis dibukunya "SOMETIMES YOU TAKE RISK AND MESS UP IN LIFE". Alanda juga menuliskan quarter life crisis yang dialaminya saat ini, dan saya juga merasakan hal sama dengan dia sejujurnya (baca disini). Baca juga tentang refleksinya mengenai Little Notes of Life.

Overall, saya sangat merekomendasikan buku ini untuk teman-teman anak muda yang butuh asupan semangat dalam mengapai mimpi. Ingatlah bahwa dunia ini sangat luas, masih banyak tempat yang harus kau lihat !

Be tough !

0 comments :

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas