Challenge Yourself Every Single Day

Rabu, 01 Oktober 2014

Menyusur Wisata Religi Surabaya

Hey Fellas,

Kali ini saya mau berbagi cerita mengenai perjalanan saya menyusuri beberapa tempat religi di Surabaya. Mungkin sebagian dari kita tidak menyadari bahwa Surabaya memiliki banyak sekali sebutan selain kota pahlawan, salah satunya adalah kota wisata religi. Kebetulan ini terkait dengan project saya dalam pembuatan buku Surabaya Kota Wisata Religi. Saya melakukan peliputan beberapa tempat religi di Surabaya yang memang sebelumnya belum pernah saya datangi. Menyenangkan sekali, dapat bertemu dengan narasumber dan mereka menceritakan secara langsung sejarah yang terkandung dibalik bangunan-bangunan tersebut. Here we go, disini akan saya cuplik beberapa saja ya, hehee. Bisa dijadikan referensi untuk keliling Surabaya lho. Tak usah kuatir, mereka semua sangat welcome dengan wisatawan walaupun berasal dari keyakinan yang berbeda, asalkan tetap sopan dan santun. 

1. Masjid Agung Surabaya


Dulu mungkin hanya Tugu Pahlawan saja yang menjadi simbol ikon Kota Surabaya. Namun sejak 2000 kota Surabaya memiliki satu lagi ikon kebanggaan yang berada tepat di pintu masuk Kota Surabaya yaitu Masjid Agung Kota Surabaya. Sudah menjadi hal yang lumrah bagi sebuah kota untuk memiliki sebuah masjid besar. Gagasan dibangunnya Masjid Nasional Al-Akbar (MAS) ini muncul dari walikota surabaya saat itu H. Soenarto Soemoprawiro pada tanggal 4 Agustus 1995. Pembangunan masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI H. Tri Sutrisno. Dan akhirnya pada 10 November 2000, masjid ini diresmikan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid. 

Lokasi : Pintu masuk kota Surabaya, perbatasan Waru Sidoarjo

2. Makam Mbah Bungkul
Bagi warga Surabaya nama Bungkul sudah tidak asing lagi. Sebagai nama sebuah taman kota yang meraih penghargaan dunia, ternyata nama ini berasal dari seorang tokoh penyebar islam di Surabaya yaitu Mbah Bungkul. Makam mbak bungkul terletak tepat dibelakang Taman Bungkul Surabaya. Kini destinasi ini sering dikunjungi oleh umat islam untuk berziarah. Apalagi dibulan bulan tertentu seperti Ramadhan, maka akan banyak rombongan dari luar daerah yang datang ke mari.

Lokasi : Belakang Taman Bungkul Surabaya

3. Jogo Dolog 
Jika anda memasuki kawasan taman apsari surabaya, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama patung joko dolog. Surabaya memang unik memiliki acra yang terletak ditengah kota karena biasanya berada di daerah. Orang yang berjasa membawa patung ini dari Tuan Resident de Salls dari Desa Kedungwulan pada tahun 1827. Sebenarnya setelah patung ini ditemukan, maka akan dibawa pulang ke Belanda. Namun karena ada masalah dengan kapal yang akan mengangkut patung ini maka batallah rencana tersebut.

Lokasi : Belakang Taman Apsari Surabaya, daerah Jalan Embong Trengguli

4.  Klenteng Boen Bio
Suasana didalam klenteng
Tegel nya didatangkan langsung dari Belanda
Klenteng Boen Bio didirikan pada tahun 1883 oleh dua orang Tionghoa bernama Go Tiek Lie dan Co Toe Siong diatas lahan seluas 5000m2.  Sejarah berdirinya Klenteng Boen Bio berawal dari munculnya gerakan anti Belanda oleh etnis China di Surabaya di abad 19. Saat itu saudagar china sepakat memboikot perdagangan dengan perhimpunan perdagangan Belanda saat itu, Handels Vereeniging Amsterdam (HVA). Akibatnya perekonomian terguncang sehingga HVA mengajukan kasus ini ke pengadilan. China menang dan mewajibkan HVA membayar denda 25 ribu gulden untuk pengembangan pendidikan warga China. Dari uang tersebutlah klenteng ini dibangun ditambah dengan sumbangan pada saudagar China saat itu.

Lokasi : Kawasan Jalan Kapasan Surabaya (depan pasar, kiri jalan)

5. Masjid Peneleh Surabaya 
google images
Masjid ini tidak terlihat dari jalan raya, sehingga untuk sampai ke masjid ini kita harus masuk ke gang kecil. Begitu memasuki masjid, arsitektur akan sangat kental dengan nuansa bangunan belanda. Jika dilihat sepintas maka ada kesamaan arstitektur yang dimiliki oleh masjid peneleh dengan gedung grahadi. Walaupun tidak begitu besar namun masjid ini seakan memiliki daya tarik bagi para wisatawan karena masih terjaga dengan baik hingga kini.

Lokasi : Jalan Peneleh gang 4, dibagian depan jalan terdapat Sungai Mas

6. Arca Budha Empat Wajah 
Berada dikawasan Ken Park (Picture by me)

Jika anda sering berkunjung ke Kenjeran Park, pasti sudah familiar dengan Sanggar Agung. Tempat Ibadah Tri Dharma ini sangat terkenal bagi kalangan wisatawan baik yang ingin sekedar berkunjung atau memanjatkan doa disana. Namun tahukan anda bahwa tepat didepan Sanggar Agung terdapat sebuah Arca Dewa Brahma terbesar se-Asia Tenggara. Arca/Rupang Dewa Brahma dibangun diatas lahan 1 ha yang tercatat dalam rekor MURI tahun 2004 sebagai yang tertinggi dan terbesar.


Lokasi : Didalam kawasan wisata KenPark Kenjeran. Bayar tiket masuk Kenpark

7. Klenteng Hong Tek Hian


Klenteng yang berada di Jalan Kampung Dukuh Gang II No 2 ini sudah ada di Surabaya sejak 700 tahun lebih. Klenteng ini dibangun oleh umat dan simpatisan Tridharma (Sam Kau – San Ciau) secara bergotong royong. Berdasarkan prasasti yang ada di klenteng ini, klenteng ini pernah mengalami pemugaran pada tahun 1899. Dan didepan Klenteng Hong Tek Hian Jalan Kampung Dukuh Gang II No. 2 pada tahun 1960 dilakukan perluasan di Jalan Dukuh No 23/I . Pada tahun 1983 terjadi sebuah kebakaran yang membakar Klenteng di Jalan Kampung Dukuh Gang 2 No.2 

Lokasi : Jalan Dukuh, kiri jalan. Kawasan Kya-Kya

******
Bagaimana? menyenangkan bukan. Itu hanya sebagian saja, masih banyak yang belum saya tulis disini. Mungkin kamu bisa bantu saya, wisata religi apalagi selain diatas? hihihi. Mohon maaf saya hanya sedikit mendeskripsikan tiap tiap tempat supaya kamu semua penasaran dan bisa langsung meluncur kesana. Dibagian bawah sudah saya beri informasi lokasi sehingga semoga memudahkan anda anda semua yang mau kesana. Selamat berwisata :)

Ket:
Sebagian gambar diambil dari Google Images

1 comments :

lukmanul hakim mengatakan...

wah mbak dina mau bikin buku? ciee penulis sekarang
aku booking 1 pokoknya :D

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas