Challenge Yourself Every Single Day

Kamis, 26 Desember 2013

Book of the Decade !

Setidaknya dalam beberapa tahun terakhir ada beberapa buku yang sangat powerful buat saya. Ya, terkadang saya tidak butuh seseorang untuk merubah hidup saya, cukup dengan buku. Saya adalah tipikal orang yang suka membeli buku walaupun hanya dibaca sekali saja. Berbeda dengan beberapa teman saya yang lebih suka meminjam dengan alasan setelah selesai dibaca toh akan nganggur. Ada benarnya juga, saya cukup jarang membaca kembali buku yang sudah selesai saya baca sih, tapi dengan membelinya dan meletakkan di rak buku pribadi rasanya ada kepuasan batin tersendiri.

Kadangkala muncul rasa 'eman' beli buku yang kadangkala tipis tapi harganya mahal, tapi jika dibandingkan dengan beli Sushi (makanan favorit saya) harganya sebanding, haha. Beli Sushi aja nggak eman padahal nantinya nggak ada sisanya, kenapa beli buku yang harganya nggak lebih mahal eman padahal bisa disimpen bertahun tahun. Sejak saat itu saya ubah pola pikir saya, tidak ada yang mahal untuk sebuah ilmu, apalagi perjuangan penulis menerbitkan buku saya rasa juga patut di apresiasi :)

Buku pertama yang paling berpengaruh pada saya adalah Dream Catcher karya Alanda Kariza yang sudah pernah saya posting ceritanya dulu disini.  Buku kedua adalah The Stories Behind Beasiswa. Buku ini sebenarnya adalah kumpulan cerita penerima beasiswa Erasmus Mundus yang menjadi impian saya dan target tahun 2014. Bukunya tidak dijual ditoko buku, jadi saya membelinya secara online dan penuh perjuangan karena lumayan susah.


Buku ini sangat inspiring karena menceritakan terjalnya perjuangan memperoleh beasiswa erasmus mundus yang diceritakan oleh kurang lebih 20 penerima beasiswa ini. Ada banyak pelajaran yang bisa saya ambil dari mereka seperti pentingnya restu orang tua dan tak pantang menyerah. Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca bagi anda para pejuang beasiswa. Setidaknya untuk memberikan referensi dan motivasi agar bisa menjadi the next penerima Erasmus Mundus, Amin.

Buku selanjutnya adalah buku buku bertemakan traveling. Memang sejak SMA saya sudah suka dan mulai mengkoleksi buku bertema kan jalan jalan. Sisi baiknya adalah dengan banyak membaca buku traveling maka makin membuat hasrat keliling dunia meningkat, haha.

Buku pertama yang saya miliki dari tema ini adalah 'Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1000 dolar'. Sebenarnya saya sudah membacanya dari Nenek. Tapi rasanya kalau tidak beli sendiri kurang afdol, jadinya saya membelinya walaupun sudah tahu isinya. Buku ini memberikan gambaran kepada saya berapa budget yang dibutuhkan untuk keliling Eropa. Dan akhirnya sangat membantu saya ketika Eurotrip bulan Juni 2013 yang lalu. Ya walaupun harganya sudah tidak relevan lagi karena biaya pesawat saja sudah hampir 1000 dollar

Selain buku jalan jalan ke Eropa ini juga ada buku jalan jalan ke Itali yang lebih spesifik. Seingat saya dulu waktu SMA tahun 2007-2009 jarang sekali ada buku yang bertema kan traveling, jadi hampir setiap ada buku baru langsung saya beli. Berbeda dengan sekarang yang hampir sangat banyak penulis yang melahirkan buku panduan traveling, jadi binggung belinya.

Buku Ciano Italia ini sangat menyenangkan untuk dibaca karena dilengkapi dengan gambar gambar lucu, jadi nggak monoton. Selain itu dibuku ini juga diceritakan kehidupan seputar budaya orang Italia, kebetulan penulisnya adalah mahasiswa Indonesia yang kuliah disana. Memang buku buku terbitan Gagas Media emang unik dan tampilan layoutnya menarik untuk pembaca kalangan remaja sih, two thumbs up ! Selain itu ada juga buku karya Asma Nadia yang berjudul 'The Jilbab Traveler yang isinya juga panduan jalan jalan ke negeri orang.

The most powerful buku of my spiritual life adalah bukunya Aagym. Sejak SMP saya sudah mengagumi beliau terlepas dari permasalahan beliau terkait dengan poligami.

Saya tahu buku ini dari teman saya alias minjem dan ternyata isinya bagus banget. Isinya seputar kisah hidup Aagym mulai dari bawah sampai menjadi pendakwah terkenal. Kehidupan beliau dan cara dakwah yang sederhana tapi ngena membuat saya menyukainya. Akhirnya saya berusaha mencari buku ini ke toko toko buku tapi ternyata tidak ada. Sampai akhirnya saya rela fotokopi dari teman saya tadi karena tidak berhasil menemukan di toko buku. Hahaha. Beberapa bulan kemudian saya mulai rajin beli buku nya Aagym walaupun nggak banyak banyak amat sih. Hingga saat ini saya suka mengikuti dakwah beliau walaupun cuman di Youtube dan twitter. Kata katanya simple dan sederhana namun mengena sekali dihati :)

Dan buku terbaru yang barusan saya beli bulan ini adalah karya Irfan Amalee,

Saya benar benar tidak salah membeli buku ini. Banyak sekali pesan moral yang saya dapatkan dari mas Irfan Amalee. Dia menceritakan dengan lengkap pengalamannya menempuh pendidikan di Negeri Paman Sam dan segala pengalaman berharga selama disana bersama dengan keluarganya. Lewat buku ini saya jadi throwback dan menyadari banyak hal. Ya, hal hal sepele yang sudah saya lakukan namun ditulisankan dalam buku ini sehingga saya tahu definisi dari apa yang saya lakukan *binggung ya* (jadi misalkan nih selama ini saya selalu selalu membeli apa yang saya inginkan, dan dalam buku ini dia memberikan definisi bahwa hal tersebut bernama Boros). Dan banyak hal hal yang baru saya sadari dan begitu menampar sehingga saya mau memperbaiki banyak hal. Pokoknya buku ini bagus dan berguna sekali !

Demikianlah Book of the Decade pilihan saya. Resolusi saya kedepan ingin menerbitkan buku juga yang bekerja sama dengan orang lain, jadi semacam kumpulan cerita tapi non fiksi. Ya, kira kira 2015 lah :)

4 comments :

lukmanul hakim mengatakan...

tak nabung mulai saiki wes lah (^_^)

Dyah Hapsari Fajarini mengatakan...

Jadi pengen beli buku-buku itu :))
Kalo kisah tentang Erasmus Mundus itu belinya di mana mbak?
Eh iya, diantara buku2 di atas ada yg dalam bahasa Inggris kah? Makasih .. :D

Paramadina mengatakan...

@lukman : nabung yg banyak ya nak buat sekolah

@dyah : aku cari di online book store, kalo g salah online book dr jogja dulu, coba km googling, soalny d toko buku g ada. Gak ada yg dlm bhs inggris, biasanya kalo bhs inggrisan aku prefer beli majalah in english dr pd book soalnya lbh up date

lala mengatakan...

been waiting for your book \m/

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas