Challenge Yourself Every Single Day

Selasa, 19 November 2013

SUA : Berbagi dan Menginspirasi NTB Lewat Surat


Beberapa bulan yang lalu saya mengikuti sebuah program yang diadakan oleh Youth's Act For Indonesia. Sebuah gerakan pemuda yang disingkat Youth's Act ini saya ketahui ketika tak sengaja membaca retweet seorang teman. Lalu saya mulai mem-Follow akun twitter @YAFIndo ini. Youth's Act bertujuan untuk meningkatkan kepedulian pemuda di bidang pendidikan anak. Dan salah satu program nya yang saya ikuti adalah Surat Untuk Adik (SUA).

Program ini menurut saya sangat unik karena Surat Untuk Adik adalah jembatan inspirasi antara seorang kakak dan adik-adik/ siswa-siswi di sebuah daerah terpencil.  Daerah yang menjadi tujuan Surat Untuk Adik adalah Kec Sekongkang, Kab Sumbawa Barat, NTB. 20 surat terbaik akan dikirim ke SD Negeri Tartar Sumbawa Barat. Nantinya 1 orang kakak akan terhubung dengan 1 adik yang ada disana. Yang bikin seru lagi adalah surat akan dibalas oleh adik-adiknya. Jadi akan ada interaksi antara sang kakak sebagai pengirim surat dan sang adik. Namun sayangnya hanya ada 20 surat yang akan dipilih oleh panitia.

Dan Alhamdulilah surat saya akhirnya terpilih diantara 19 surat lainnya. Saya mengambil tema tentang deskripsi Pekerjaan yang bertujuan tentu saja untuk memacu semangat mereka. Saya menceritakan tentang pengalaman menjadi Jurnalis sembari kuliah. Bagaimana suka duka bekerja mencari berita sambil kuliah. Dan juga bagaimana enaknya bisa mendapatkan penghasilan sendiri untuk menambah uang jajan kuliah. Selain tulisan panitia juga mengharuskan saya untuk mengirimkan foto yang berhubungan dengan cerita yang ditulis.

Nah dibawah ini adalah cuplikan surat saya yang sudah dilayout dengan apik oleh panitia SUA. Semua surat dibukukan dalam bentuk Pdf jadi lebih mudah membacanya :)


Rasanya jadi flash back saat dulu masih SD sering menulis surat baik itu keteman atau saat menulis kartu lebaran. Sangat tradisional namun rasanya pesan yang disampaikan lebih ngena ke pembaca nya. Beberapa minggu kemudian surat kami pun dikirim ke SD Negeri Tartar Sumbawa Barat. Satu adik mendapatkan satu surat kami. Dan surat saya akhirnya jatuh ke tangan Adik Rosma. Ini dia surat balasan dari dik Rosma :D

Dia masih kelas 5 SD dan bercita cita sama dengan saya ingin jadi Jurnalis. Sedikit terharu membaca surat Rosma karena kata kata nya yang polos dan penuh harapan. Selain sekolah dia juga membantu ibu nya mencuci piring. Sang ibuk bekerja keras untuk membiayai sekolahnya. Salut ! Oia, dengan polosnya dia juga menuliskan kalau dia ingin cantik seperti saya. Hahaha

Setelah menerima surat balasan saya pun membalasnya kembali dengan menjawab beberapa pertanyaan Rosma di surat balasanya tersebut. Seru sekali ternyata surat menyurat seperti ini. Saya sangat mengapresiasi program Youth's Act ini karena dengan langkah kecil namun mampu membantu kami terhubung dengan adik adik nan jauh di NTB. Saya bahkan belum pernah kesana dan tiba tiba jadi pengen berkenalan secara langsung dengan Rosma.

Semoga surat kecil saya dan 19 teman lainnya bisa menginsipirasi adik adik disana. Semoga mereka memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dan meraih mimpi untuk mengharumkan nama Indonesia. Oia bertepatan dengan hari anak sedunia hari ini 20 november bersamaan juga dengan 2 tahun yg lalu berdiri YAFI (Youth's Act For Indonesia). Congrats ya.

Harapan saya adalah seluruh tim YAFI tak pernah menyerah untuk mengajak orang Indonesia lain agar mampu berpartisipasi dalam kegiatan kegiatan yang diadakan seperti SUA ini. Karena kita kadang tak sadar nun jauh disana banyak generasi bangsa yang kurang mendapatkan perhatian. YAFI membuat saya sadar bahwa berbagi bahkan bisa hanya dengan bercerita. Keep inspiring for Indonesia :)

5 comments :

lukmanul hakim mengatakan...

wuuuh.. menginspirasi tok wes mbak iki pokoe hahahah b(^0^)d

Paramadina mengatakan...

@Lukman
terima kasih Lukman, pembaca setia, semoga terus terinspirasi. Hahaha

lukmanul hakim mengatakan...

wuuuh.. hahahaha

Ayu mengatakan...

Ah menyenangkan sekali ada yang menulis tentang SUA dan YAFI. Hallo salam kenal :)

Paramadina mengatakan...

Ayu :
Salam kenal juga :)

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas