Challenge Yourself Every Single Day

Selasa, 05 November 2013

Gita Wirjawan : Sosok Lelaki Hebat

Gita Wirjawan
Dibesarkan di dunia bisnis

Malam ini saya baru saja menyaksikan acara talk show di salah satu televisi swasta. Dan beruntungnya kali ini ia menghadirkan Pak Gita Wirjawan, Menteri Pedagangan Indonesia. Melihat wajahnya yang kharismatik saya langsung tertarik menyimak acara talk show ini. Sebenarnya saya tak begitu mengenal sosok pak Gita kecuali lewat iklan iklan Kementerian Perdagangan yang tertera di bus. Tapi memang sudah sejak lama saya tertarik ingin tahu lebih dalam mengenai Pak Gita. Karena kok bisa di usia nya yang masih muda namun sudah bisa menjadi seorang menteri :O

Ia mengenakan polo tshirt berwarna biru tua malam ini. Dengan gaya nya yang casual ini menjawab beberapa pertanyaan pemandu acara yang lumayan kocak. Namun ternyata Pak Gita sesekali juga bisa menimpali guyonan sang pemandu acara. Itu menghilangkan kesan formal yang selama ini saya kira. Satu persatu Pak Gita mulai menceritakan kisah sukses kehidupannya. Rupanya ia dilahirkan dari keluarga pengusaha yang sudah kental dengan dunia bisnis.

Sayapun makin penasaran dengan Pak Gita lalu mulai membuka google untuk melihat profil nya yang lebih lengkap. Ternyata ia alumni Kennedy School of Goverment, Harvard University saat menempuh S1. Lalu ia melanjutkan karir di Citibank dan sejumlah perusahaan besar pernah ia cicipi. Hingga akhirnya Pak Gita lulus S2 dari Harvard University juga. Karena relasi kuat yang dibangunnya sejak masa kuliah maka karir Pak Gita di dunia bisnis makin cemerlang. Terbukti dengan posisi yang dijabatnya di beberapa perusahaan bonafit tidak lah main main. Bahkan ia pernah menjadi Presiden Direktur JP Morgan Indonesia tahun 2006 - 2008. Wihh keren kan :)

Sejak kecil Pak Gita mencintai musik khususnya musik Jazz. Selain itu ia juga jago memainkan stick golf dan terbukti banyak menjuarai turnamen golf saat muda. Untuk itu ia mendirikan Ancora Golf yang merupakan sekolah Golf yang mencari bibit bibit terbaik di Indonesia. Tak hanya itu, Pak Gita juga mendirikan Ancora Foundation yang merupakan yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan khususnya pendidikan di Indonesia. Organisasi ini berfokus pada donasi pendidikan untuk pemuda Indonesia dan menawarkan beberapa beasiswa.

Seorang Family man

Siapa nama guru sang anak?
Berapa ukuran sepatu anak pertama?
Apa makanan kesukaan anak kedua?

Beberapa pertanyaan diatas sangat mengelitik saya. Haha. Sang pembawa acara mencoba memberikan pertanyaan tersebut pada Pak Gita. Dan diluar dugaan ternyata Pak Gita mampu menjawab semua pertanyaan mengenai keluarga nya dengan detail dan benar. Padahal kan tak banyak sosok bapak yang mampu mengingat hal detail tentang anak nya. Bapak saya sendiri saja mungkin tak hapal siapa nama dosen dan berapa ukuran sepatu saya. Haha :p Hal tersebut menunjukkan bahwa Pak Gita adalah seorang Family man yang walaupun sangat sibuk dengan segala macam aktivitas namun tetap perhatian pada keluarga. Salut sekali ke Pak Gita :)

Apasih kelemahan bapak?
Jika kerjaan sedang banyak banyaknya saya jadi susah memperhatikan keluarga

Diakui nya waktu berkumpul dengan keluarga adalah saat yang sangat berharga. Apalagi dengan hobby bermain musik ia tak jarang menghabiskan waktu dengan sang istri untuk bernyanyi bersama. Romantis sekali bukan?

Sosok hebat di balik Pak Gita

Yasmin Stamboel adalah sosok dibalik kesuksesan Pak Gita. Saya yakin bu Yasmin bukanlah wanita yang biasa biasa saja. Walaupun tak banyak informasi yang saya dapatkan tentang Bu Yasmin namun dari raut wajah dan penampilannya bisa saya tebak beliau adalah orang yang sabar.

Untuk bisa mendampingi orang sehebat Pak Gita memang dibutuhkan wanita hebat. Oleh karena itu saya selalu percaya bahwa, "Lelaki baik akan berjodoh dengan perempuan baik, dan demikian pula sebaliknya,". Jadi kalau mau berjodoh dengan lelaki hebat harus memantaskan diri menjadi wanita hebat. Pak Habibie dan Bu Ainun; Pak Gita dan Bu Yasmin; Pak SBY dan Bu Anie adalah beberapa contoh pasangan hebat yang selalu menginspirasi saya.

Sudah bukan jamannya lagi wanita hanya berada disektor domestik mengurusi urusan rumah tangga saja. Selain menjalani kodrat sebagai seorang wanita, menurut saya seorang Ibu haruslah pintar. Sebagai wanita tuntut ilmu setinggi mungkin untuk menjadi ibu dari seorang anak yang hebat pula. Jangan suami nya saja yang pintar tapi istrinya tak tahu apa apa. Saya jadi ingat kata pak Mario Teguh, bahwa untuk menjadi seorang pengusaha sukses maka seorang suami harus punya istri yang pintar mengelola keuangan. Mungkin demikian analoginya.

Karena itu bersiaplah menjadi Istri yang hebat untuk Suami yang hebat !

*Tulisannya ngelantur ya ending nya? Hahaha, honestly that's the point :p

0 comments :

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas