Challenge Yourself Every Single Day

Senin, 24 Juni 2013

ISWI 2013 : Closing Ceremony (Day 8)

8 Juni 2013

So, this is the end of ISWI
Hari terakhir ISWI di isi dengan presentasi masing masing grup sesuai dengan apa yang telah di diskusikan sejak hari pertama. Group work presentation dilaksanakan di tiga tempat secara bersamaan, sehingga saya hanya sempat melihat beberapa presentasi saja.

Group Work Presentation


Kebetulan saya lihat presentasi dari grup gender & identity yang membahas tentang isu isu terkini dengan slide yang sangat menarik. Teman teman saya dari Indonesia juga berkesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka. Selain presentasi di ruangan, setiap grup juga di beri space untuk memamerkan hasil diskusi mereka di depan ruang Audimax. Misalnya saja dari grup Education, mereka memamerkan gambar gambar yang berisi sistem pendidikan di tiap negara. Ada juga grup fotografi yang memajang hasil foto foto mereka dan masih banyak lagi.

Untuk grup media sendiri masih mendapatkan giliran presentasi jam 3 sore. Presentasi dimulai dengan pembukaan yang disampaikan oleh Halim, teman saya asal Univ. Paramadina, dan selanjutnya di putarkan video yang kami buat beberapa hari yang lalu. Usai video diputar beberapa perwakilan dari kami menyampaikan maksud dan pesan yang ingin kami sampaikan. Pada intinya dengan kemajuan teknologi dan social media, manusia harus bisa menjaga diri sendiri dengan mengetahui plus minus dari social media. Karena hingga saat ini tidak ada yang bisa mencegah dan mengatur kegiatan kita di social media kecuali kita sendiri yang mampu aware.

Closing Ceremony


Acara hari ini ditutup dengan closing ceremony dari panitia. Wih rasanya pembukaan barusan kemarin dan sekarang udah penutupan aja, sedih rasanya. Penutupan dibuka dengan sambutan dari beberapa panitia lalu dilanjutkan dengan pemutaran video ISWI. Tak hanya itu, ada beberapa grup yang memang presentasi saat penutupan. Mereka akan perform sesuai dengan grupnya, yaitu grup Dance, Theater, Fotografi, Music. Grup dance memperlihatkan kemampuan dance mereka yang sangat luar biasa. Sedangkan grup theater menampilkan drama dengan ide briliant dan ending yang tak disangka sangka. Demikian juga dengan grup yang lainnya.

Diakhir acara panitia membawa si ulat berkacamata (lambang iswi) ketengah tengah panggung. Lalu tak beberapa lama kemudian si ulat berubah menjadi seekor kupu kupu cantik yang siap untuk terbang. Yes, we are the moving YOUth ! sontak seisi ruangan langsung bertepuk tangan. Ini adalah saat paling mengharukan bagi kami semua. Karena hari ini saja sudah ada beberapa peserta yang pulang, walaupun seharusnya jadwal pulang adalah besok. Kami pun menyempatkan untuk berfoto foto dengan peserta yang lain. Rasanya sudah seperti keluarga, senang rasanya bisa dapat banyak teman dari luar Indonesia. Ada juga teman teman yang membagikan suvenir dan bertukar post card dengan yang lain dan panitia.

Lewat ISWI banyak sekali hal yang saya dapatkan. Bukan hanya tentang ilmu dan pengetahuan baru tapi juga culture, pertemanan, tenggang rasa, dan masih banyak lagi. ISWI adalah event paling keren untuk mahasiswa karena didalamnya komplit mengajarkan mahasiswa berinteraksi dengan orang dan lingkungan yang baru. Pertama, saya tidak lagi canggung berinteraksi dengan orang baru dari negara lain. Walaupun dengan kemampuan bahasa inggris yang standart namun mereka dengan welcome menerima saya apa adanya. So, saya jadi punya banyak teman dari manca negara. Kedua, saya belajar banyak tentang masyarakat Jerman dari host saya selama ISWI. Mereka adalah Ellen dan Katarina. Saya jadi tahu bagaimana culture mereka mulai dari makanan, life style, how they communicate each other. Ketiga, ISWI memperkenalkan saya dengan baik tentang Universitas TUI Ilmenau, Mulai dari jurusan, bangunan, bagaimana mahasiswa nya, apa saja yang dilakukan mahasiswa di luar jam kuliah.

Thanks God to sent me here.
Thanks ISWI to give me this chance

Semoga keberangkatanku ke ISWI tahun 2013 ini bisa memberikan kesan positif terhadap Indonesia. Dan semoga ilmu yang saya dapatkan selama disana bermanfaat di Indonesia. Minimal lewat blog ini saya ingin berbagi ke teman teman semua tentang kegiatan saya selama disana :)

********

9 Juni 2013

Now its time to leave Ilmenau :(
Usai closing ceremony kemarin, maka jadwal hari ini adalah pemulangan peserta. Wah sedih sekali harus pulang, padahal baru kerasa pw nya disini.

[9 Juni] Bus sudah datang, saatnya pulang :(
Jadwal saya hari ini dari Ilmenaul langsung menuju ke Munich bersama dengan Dea, Mila, Citra, Angga, Pandu dan Marcha.Sehari sebelumnya kami sudah membeli tiket wohnende yang kami bagi ber 7. Untuk urusan tiket memang kami serahkan kepada Angga. Karena dia faham betul tentang macam macam tiket kereta DB Bahn di sini.

*Oke then, ikuti terus perjalanan saya ke Munich Jerman di postingan berikutnya yaaa :))

2 comments :

Anonim mengatakan...

Puasss deh nostalgia malam ini, tulisan yang bagus kak din, bikin aku keinget hari-hari yang dilalui disana :D -nurul abang

Paramadina mengatakan...

Let's go back to Juni 2013 :D

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas