Challenge Yourself Every Single Day

Kamis, 06 Juni 2013

ISWI 2013 : Proud to be Indonesian ! (Day 2)

Pagi ini cuaca dan hawa masih sangat sangat tidak bersahabat seperti kemarin. Padahal hari ini jadwalnya harus memakai pakaian tradisional masing masing negara. Mana pakaiannya rata rata tipis dan kegiatannya berada di ruang terbuka. Bbbrrrr

International Brunch at Wetzlarer Platz


Hari ini merupakan salah satu hari yang aku tunggu tunggu. Why?karena hari ini tim Indonesia yang heboh pada mau gelar dagangan alias buka lapak. Jelas dong, dengan personel kurang lebih 25 orang, stand negara Indonesia dapet yang gede. Di stand tersebut kami ber25 mengeluarkan bawaan khas Indonesia masing masing. Seperti makanan tradisional, pamflet pariwisata hingga suvenir khas Indonesia. Saya sendiri membawa banyak gantungan kunci khas Indonesia yang saya beli dari Jogja beberapa bulan yang lalu. Dan ketika acara di buka, stand Indonesia langsung di serbu peserta ISWI yang lain. Kata mereka, kami heboh dan niat banget karena bawa spanduk gede yang ada tulisannya "We are young delegates of Indonesia" gitu. Alhamduliah ternyata persiapan kami di apresiasi dengan baik.

Makanan tradisional tak lupa menjadi serbuan pengunjung juga. Di stand Indonesia yang menjadi favorit adalah kripik singkong ungu, kripik Karuhun sama Abon. "This is very spicy" , "Is this too spicy for you?". Wah kita heboh banget memperkenalkan makanan Indonesia yang terkenal dengan rasa pedas dan rempah rempahnya. Mangkanya setiap ada bule yang nyoba selalu kita tanyain kepedesen apa kagak. Tapi mereka ternyata rata rata pada suka, "This realy nice taste". Jelas dong, di negara lain mungkin kekayaan rempah rempahnya tak sekaya Indonesia, mangkanya makanan Indonesia lebih banyak cita rasa.

Tak hanya menjaga stand, kami juga bergantian berkeliling ke stand negara yang lain. Saya hampir mengunjungi semua stand negara lain dan mengoleksi coklat dari berbagai negara tersebut. Baju baju mereka juga sangat unik dan cantik. Yang paling saya suka adalah orang dan baju dari Mongolia, cantik sekali. Permen favorit saya dari Korea pemberian dari Jiong. Dan yang paling unik adalah pakaian ala raja mesir. Rata rata stand mereka menawarkan minuman khas negaranya, namun aku tak berani mencoba karena takut ada alkoholnya.

Selain pameran stand stand, acara International Bruch juga menggelar pertunjukan budaya. Dari Indonesia sendiri menampilkan tari kecak, tari saman dan debus. Dengan persiapan yang minim, kami tampil disambut dengan riuh tepuk tangan penonton. Yang paling seru adalah bagian debus yang dimainkan oleh Angga. Dia dengan ahli memainkan api dan membuat penonton terpukau. Esok harinya pertunjukan Angga dimuat di koran setempat juga lho. Wah hebat !

Panel Discussion #egypt - social media and the arab spring
Karena keenakan berfoto usai International Bruch, saya pun datang terlambat ke acara ke dua hari ini Panel diskusi tentang Arab Spring. Moto dari ISWI yaitu Moving YOUth sendiri sebenarnya terinspirasi oleh event Arab Spring. Sebagai pemuda harus berani menyuarakan pendapatnya terkait dengan kebebasan. Diskusi dititik beratkan pada peran sosial media. Sejauh apa peran dan pengaruhnya para gerakan gerakan seperti itu.

Opening Ceremony
Menurut saya hari ini menjadi hari tercapek sepanjang ISWI. Karena usai Internatioal Bruch dan panel discussion kami ada agenda Welcome Ceremony. Masalahnya lokasi Welcome Ceremony nya sangat jauh menurut saya dan kami harus berjalan kaki. Hahaha, pokoknya selama disini kaki harus berjalan lebih cepat dan kuat dari biasanya. Lokasi opening ceremony berada di Festival Hall, Ilmenau yang berjarak kurang lebih 2-3km. Tapi semuanya terbayarkan saat tiba di lokasi ini, karena acara opening ceremony nya tidak membosankan. Di buka oleh Rektor of The Ilmenau University of Technology, Professor Peter Scharff dan disela sela acara di suguhkan permainan musik yang sangat apik.

To be continue ISWI Day 3

1 comments :

D'Coretz mengatakan...

foto foto aja mbak din?
tapi keliatan keren samean difotonya
:3

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas