Challenge Yourself Every Single Day

Selasa, 09 April 2013

Cergamboree 2013: Meramu Komik dengan Lagu dan Keramik


Sejak kecil mungkin kita terbiasa untuk menggambar di medium kertas. Namun pernahkah anda terpikirkan untuk menggambar di medium yang lain. Keramik misalnya. Seperti yang dilakukan oleh sekelompok peserta yang  mengikuti acara tahunan Cergamboree 2013 ini.  Penasaran?

Adalah Simon Geliot, seorang seniman yang telah menerbitkan beberapa buku komik yang sudah terkenal ke manca negara. Bulan ini ia berkunjung ke Surabaya untuk mengisi workshop Cergamboree yang diadakan oleh IFI. Cergamboree adalah acara tahunan berupa festival komik prancis yang telah populer sejak tahun 2009 yang lalu. Berbeda dengan tema yang diangkat pada tahun tahun sebelumnya, tahun ini IFI mengadakan comic workshop yang nantinya akan dijadikan booklet CD. Selain itu para peserta workshop yang terdiri dari berbagai kalangan ini juga akan diberikan pengalaman baru untuk menggambar comic diatas keramik Tile. 


Workshop ini diadakan di di Granito Tile Studio yang berada di Jl. Alun-alun Contong 11B Baliwerti. Peserta sangat antusias mengikuti workshop yang digelar selama dua hari ini. Namun jangan beranggapan bahwa para peserta adalah para penggambar komik profesional, justru lewat ajang ini mampu mewadahi peserta yang mungkin hanya sekedar hobi mengambar saja. Karena peserta juga akan mendapatkan arahan secara langsung oleh Simon dalam hal proses pembuatan komik. 

Beruntungnya, tahun ini saya menjadi salah satu peserta workshop Cergamboree 2013. Walaupun bukan profesional namun saya sangat tertarik untuk belajar. Dihari pertama para peserta diharuskan membuat komik yang didasarkan pada sebuah lagu dan lirik. Dan saya memutuskan untuk memilih lagu Home milik Michael Buble. Simon mengajarkan membuat panel dan bagaimana menvisualisasikan sebuah moment. Bahkan ia dengan sabar mendengarkan satu persatu ide para peserta.


Berbeda dengan hari pertama, dihari kedua kami memulai workshop dengan brainstorming mengenai ide cerita dan tokoh komik yang akan kami buat. Karena kami akan membuat satu cerita yang akan digambarkan secara bersama sama pula. Seru sekali. Setiap orang saling menyambungkan cerita satu sama lain dan jadilah sebuah cerita yang sangat menarik. Petualangan seekor kucing dan sebuah pisang Afro. Seluruhnya ada 18 panel cerita dan setiap peserta mendapatkan 1 bagian panel cerita secara acak. Dan saya mendapatkan bagian first page. hahaha



Pengalaman pertama menggambar diatas keramik tidaklah sesusah yang dibayangkan. Malah sangat mudah karena goresan pensil dan spidol menjadi lebih tajam. Kecuali bagi yang ingin menambahkan warna warna lain dengan memakai cat air. Sepertinya waktu keringnya sedikit lebih lama dibandingkan medium kertas. Namun hasilnya tak kalah bagus,  apalagi sebelum dipajang di Cergamboree Exhibition panitia memberikan semprotan pilox agar lebih cling.


Comic on Tile karya peserta
Tak perlu seleksi untuk menampilkan gambaran peserta workshop untuk dipajang di Cergamboree Exhibition. Oleh karena itu semoga anda sempat datang pada acara penutupan Cergamboree di AJBS Gallery pada tanggal 4 April yang lalu. Karena seluruh karya peserta workshop ditampilkan secara apik menjadi sebuah rangkaian cerita yang bisa dinikmati pengunjung. Walaupun antara satu keramik dengan keramik yang lain memiliki karakteristik gambar yang berbeda, namun tokoh cerita berupa Kucing dan pisang Afro tetap sama.

Bagi yang tahun ini belum bisa berpartisipasi dalam Cergamboree tidak perlu gigit jari. IFI selalu rajin mengadakan acara acara seni dan festival semacam ini yang sayang sekali untuk dilewatkan. Oiya, masih penasaran dengan komik compact disk nya? Wait,  belum terbit. hehhe

Merci :)

12 comments :

D'Coretz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
D'Coretz mengatakan...

wiih.. mendadak jadi komikus sekelas temennya bli itu e :p

paramadina yuni mengatakan...

siapa siapa?:O *amnesia

D'Coretz mengatakan...

wah mendadak saya juga lupa kalau lagi amnesia :p

Paramadina mengatakan...

wah sayang sekali, padahal mau minta di ajari

D'Coretz mengatakan...

wah... langsung sembuh ^_^
hahahaha
minta ajari apa mbak? :3

Paramadina mengatakan...

lho siapa orangnya?:O

D'Coretz mengatakan...

lah, smean kan orngnya -_-'

Paramadina mengatakan...

awak dewe dulinan opo se iki --a

D'Coretz mengatakan...

lah, emang dulinan? hahaha
komik compact disknya belum?

Paramadina mengatakan...

Belumm, kayaknya banyak yg harus diedit, mangkane suwe

D'Coretz mengatakan...

iyo e
calon komikus pro.. ihiiirrr..

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas