Challenge Yourself Every Single Day

Sabtu, 23 Februari 2013

Harian Sore: Deadline Sempit dan Angle yang Berbeda



Bekerja di dunia media memang membutuhkan deadline waktu yang sangat ketat. Bukan hanya dalam hal proses pengumpulan berita namun juga waktu produksi. Apalagi jika jenis media tersebut adalah media cetak yang membutuhkan waktu lebih sedikit dari pada media yang lainnya. Selain membutuhkan waktu yang cepat, proses produksi media cetak juga melibatkan banyak pihak. Demikian juga yang terjadi di media yang terbit di sore hari semacam Surabaya Post. 

Jika dibandingkan dengan media cetak lainnya, Surabaya Post termasuk salah satu media yang masih bertahan untuk terbit sore hari. Tentu saja cara kerja mereka berbeda dengan media cetak lain yang kebanyakan terbit pada pagi hari. “Sebenarnya dalam proses pencarian berita sama saja dengan media lain yaitu turun lapangan dan mencari data,” kata Reni, wartawan Surabaya Post (21/09). Namun hal yang membedakan antara harian pagi dan sore adalah proses pasca turun lapangan. 

“Bedanya adalah kami punya waktu deadline yang lebih sempit tapi punya waktu mengejar berita terbaru lebih panjang,” terang wanita lulusan FIB Universitas Airlangga ini. Hal tersebut dikarenakan harian pagi biasanya memiliki deadline mengejar berita pukul  4 sore hingga 11 malam. Sedangkan harian sore memiliki deadline pukul 7 hingga 10 pagi. 

“Jadi kalo ada kejadian yang mendadak terjadi di dini hari sampai jam 10 pagi kami bisa lebih unggul dari pada harian pagi, tapi konsekuensinya harus cepat dalam mengumpulkan data,” terang Junaidi, Redaktur Surabaya Post.

Namun dilain sisi harian sore memiliki kemudahan seperti memperbarui berita berita yang sudah terbit di harian pagi. Dan lagi lagi harus memiliki kemampuan menghimpun data untuk berita tersebut. “Walaupun mungkin isi beritanya sama, namun kami harus punya angle yang berbeda dengan harian pagi,” tambah Junaidi. Jadi porsi harian sore adalah kejadian mulai jam 12 malam hingga jam 10 siang. Sehingga didikan harian sore lebih militan karena memiliki deadline dua kali yaitu sore dan pagi. 

Maka tak heran jika harian sore menyajikan ulasan berita yang lebih mendalam dengan mengedepankan data data yang ada. Oleh karena itu harian sore seperti Surabaya Post membidik segmentasi kalangan pekerja yang pulang kantor dan ingin meng up date informasi. (din)

0 comments :

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas