Challenge Yourself Every Single Day

Kamis, 20 September 2012

#Sleeping Budha

Sleeping Budha

Holiday is over guys !!

Jangan dikira saya sedang jalan jalan ke Thailand. Ini cuman di Mojokerto, tepatnya di desa Bejijong. Sudah sejak tahun lalu saya ingin berkunjung ke tempat ini. Tujuannya cuman satu, ingin melihat seberapa besar patung budha tidur ini. Walaupun tekad setengah setengah akhirnya saya memberanikan diri bersama satu saudara saya untuk kemari (04/09).

Menemukan patung ini cukup mudah. Dari Surabaya tinggal naik bus yang lewat Mojokerto, lalu turun di depan Museum Trowulan Mojokerto. Di seberang jalan ada tulisan Maha Vihara dan tinggal ikuti saja petunjuk jalannya. Awalnya saya kira akan jalan cukup jauh, tapi ternyata hanya 10 menit jalan sudah sampai.

Pintu masuk wihara

Kita akan memasuki kawasan Wihara yang cukup luas walaupun juga sepi. Bahkan untuk masuk juga tidak dipungut biaya sepeserpun. Begitu memasuki kawasan wihara kita akan disambut oleh jejeran patung budha berwarna hitam. Baru setelah itu kita bisa lihat sleeping Budha ini. Dari kejauhan bahkan dari dekat patung ini seperti terbuat dari emas tapi nyatanya tidak.

Menurut sumber yang saya baca, mengapa posisi patung Budha ini tidur? Ternyata posisi tidur ini menggambarkan posisi Budha saat parinibanna. Dimana Sang Budha digambarkan seperti sang penguasa hutan yakni singa yang sedang tidur. Budha adalah penguasa segala mahkluk di bumi.Kemudian ada pula yang menyebutkan posisi ini adalah posisi meditasi sang Budha.

Jangan Lupa mampir sini : Istana Hinggil

FYI, patung budha tidur ini hanya ada tiga di dunia, yaitu di Malang, Mojokerto dan Thailand. Jadi tidak ada salahnya mampir kesini untuk sekedar berfoto dan melihat seberapa besar patung ini. Jangan kuatir, selain patung ini disekitar kawasan ini juga banyak wisata candi dan makam peninggalan kerajaan Majapahit. Jadi bisa sekalian wisata sejarah kesini.

Budget info :
bus Sby - Trowulan (pp) : Rp. 15000
all entry : Free

4 comments :

Nabila mengatakan...

woaa..berasa di thailand ya mbak? itu panjang patungnya berapa meter mbak? gede banget ya ._.

Paramadina mengatakan...

@ Nabila : kira kira 5 meteran ya, lupa g nanya kemarin :P

avezahra mengatakan...

lho mbak yang dimalang tambah aku gak ngerti. emang ada ya mbak??

Paramadina mengatakan...

@avezahra : ada mut, didaerah Singosari kalo gak salah. cuman yang terkenal di mojokerto sih.

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas