Challenge Yourself Every Single Day

Jumat, 01 Juni 2012

When Astra is not (yet) for you

(well, tulisan ini akan sedikit dramatis)



Menjadi mahasiswa tidak akan ada artinya jika hanya duduk didalam kelas dan mencatat apa yang dosen ajarkan. that's why i choose to apply in astra 1st scholarship program. Walaupun pertamanya aku ragu mau apply atau nggak soalnya aku juga sedang menerima beasiswa ppa. Tapi setelah mencari info lebih lanjut ternyata boleh kok. wah girang banget !

Semua jawaban di form pendaftaran aku persiapkan dengan baik. Karena harus in english maka aku minta bantuan salah satu teman ku untuk ngoreksi grammar ku yang masih jauh dari sempurna. Dan jadilah sebuah form dan essay yang sangat luar biasa berkat bantuannya nya. Thank you Riris :) Jujur ini adalah form beasiswa yang kompleks dan ini kali pertama aku mengisi yg model beginian. Dan setidaknya butuh waktu 2-3 hari untuk memastikan bahwa  form nya benar benar terisi lengkap dan menggambarkan diri kita yang sebenarnya.

Deadline pengumpulan aplikasi tanggal 9 April 2012. Dan parahnya menjelang hari H emailnya error terus. Ini bukan hanya aku yang merasakan tapi juga seluruh teman temanku yang pengen ikut beasiswa ini. Kirim berulang kali pasti dapet mailer-demon dari yahoo. Sampek akhirnya pengumpulan aplikasi diundur sekitar tiga hari dan alhamdulilah my email was sent. Dan sekarang waktunya berdoa, semoga aplikasiku jadi salah satu yang lolos di tahap administrasi astra.

Setelah deg degan selama kurang lebih sebulan akhirnya tanggal 11 Mei 2012 pengumuman yang lolos tahap 1  pun keluar. Pengumannya diumumkan lewat facebook. Agak nggak credible menurutku soalnya perusahaan sekelas astra masak nggak bisa kirim pdf satu satu ke email peserta sih. hahahaa.... forget it. Setelah melihat peserta yang lolos dari abjad A, dan kini sampailah di abjad P.


Alhamdulilah, ada namaku di urutan nomer 602. Wah seneng banget sumpah ! ternyata usahaku nggak sia sia selama ini. Eits, tapi ini masih tahap awal. Di tahap ini ada 811 peserta yang lolos dari 8000 aplikan yang terdaftar. Luar biasa kan ! Hampir semua nama yang aku lihat nggak ada yang aku kenal. Karena memang temen temenku ternyata nggak ada yang lolos. Selain itu pengumumannya hanya mencantumkan nama dan tanggal lahir, bukan universitas jadi agak repot cari nama temen kita.

Tahap selanjutnya setelah lolos adalah bersiap menjalani tes psikotes dan interview di tanggal 31 Mei 2012. This my first time, jadi aku sharing sama temen temenku yang sebelumnya sudah pernah mengikuti tes sejenis. Berdasarkan cerita mereka, semua peserta akan mengikuti kedua tes itu yaitu psikotes dan interview. Baru kemudian diambil yang lolos ke tahap selanjutnya. Aku berharap tes astra ku juga akan demikian mekanismenya. Hope

31 Mei 2012

This is the day ! lokasi tes berada di gedung SAC ITS tepat pukul 08.00. Sehari sebelumnya aku hanya menenangkan diri, soalnya tes psikotes cuman butuh kesiapan (menurutku). Prepare well semua nya mulai dari form astra, curriculum vitae, pensil Hb dan mental baja. Sesampainya disana ternyata tak banyak peserta dari regional Surabaya ini, HANYA sekitar 60 orang. Semua terlihat mantab dan siap. Tepat pukul 08.30 tes pun dimulai dengan presentasi dari pihak recruitment astra mengenai apa saja yang bisa kita dapat dari beasiswa ini. Denger aja sudah merinding soalnya banyak program yang bisa diikuti untuk pengembangan softskill kita. And i want it !


Setelah selesai presentasi, tes pun dimulai. Aku dapat nomer urut 03 dari 60 peserta. Satu persatu buku tes dibagikan. Tes dimulai jam 08.30 sampai 11.00 WIB. Kurang lebih ada 9 subbab soal psikotes yang diujikan, mulai dari kemampuan verbal, berhitung sampai menghafal (agak lupa). Parahnya ternyata soalnya lumayan sulit buat aku, karena waktu untuk mencerna contoh soal hanya sepersekian detik saja. Arrghhhhhh ! Tapi ya aku garap semaksimal mungkin. Walaupun disoal deret hitung aku banyak yang ngawur :|

Soal yang tak kalah mematikan adalah verbal apa gitu namanya. Pokoknya ada lima kata sejenis yang diacak susunanya dan ada satu huruf yang nggak sejenis. Misalnya

kursi   meja   lemari   mobil

isrku   ejma   iramel   ilbom

Kelihatannya simple, tapi njilmet. Dan waktu ngerjain soalnya nggak sampai 10 menit.

Setelah semua soal IQ tuntas kini giliran soal EQ. Di soal EQ sangat jauh jauh lebih mudah dari pada soal IQ, soalnya pertanyaan nya sangat emosional banget. hahahaa....  Semua selesai pukul 10.30, dan pegumumannya nanti jam 14.00. Berhubung aku ada kuliah Cyberculture jam 13.00 jadi aku titip pengumuman ke temen baruku anak Teknik Elektro namanya Maya. Kalo lolos aku akan segera ke ITS lagi jam 14.00 buat tes wawancara.

31 Mei 2012 | 14.30 WIB

Dikelas Cyberculture nya bu Yuyun aku mulai gelisah nggak dapet sms dari Maya. Soalnya udah jam 2 lebih dan nggak ada kabar. huft... Beberapa menit kemudian sms itu masuk,

Maaf mbak gada nomermu :(

Aku langsung kaget sekaligus sedih. huhuhuhuhu.... Masak aku bodoh banget ya sampek IQ ku nggak bisa masuk ke tahap tes selanjutnya. Tapi untungnya Maya masuk ke tahap selanjutnya, jadi aku sedikit senang walaupun tetap sedih :(. Selesai kelas Cyberculture aku bener bener nggak mood ngapa ngapain. Mau nangis tapi malu nangis di kampus. Yasudahlah !

source: Tumblr


Lets move on JUNE !

Rasa sakit ini selevel dengan nggak keterima di Komunikasi Unair lewat jalur Prestasi !
Tapi kabar baiknya adalah sehari sebelumnya tanggal 30 Mei 2012 aku dapet Juara I Lomba Karya Tulis Mahasiswa tingkat Fisip. Jadi aku anggap Tuhan sudah memberikan aku berkah dan rejeki di hari kemarin dan hari ini adalah rejeki untuk yang lain. Kabar buruk lainnya adalah nasib tes ku ini sejenis dan selevel dengan tes PPAN ku kemarin.

Yang aku sayangkan adalah kenapa di setiap tes tersebut selalu memisahkan antara tes tulis dan tes wawancara. Padahal seseorang nggak cukup dilihat dari IQ atau EQ secara tertulis saja. Tapi prove it with interview *pembelaan*. Semoga di apply apply beasiswa selanjtnya aku bisa naik level, bukan hanya sampai tahap interview tapi lolos !


Alhamdulilah dapet juara 1 :)

2 comments :

Tsabita Shabrina mengatakan...

semangat dinoooo, jadikan ini kumpulan usaha mu di masa muda yang hasil nya bisa dipetik kapan2, banyak pengalaman, banyak bisa, iya kn ?
#horass

Paramadina mengatakan...

makasih nenek. mengumpulkan usaha sama dengan bersiap menerima yang terburuk ya. karena hidup nggak selama nya di atas.

banyak pengalaman, banyak bisa !

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas