Challenge Yourself Every Single Day

Minggu, 25 Desember 2011

Merengkuh Keperawanan Pulau Garam Madura


Pagi ini aku dan beberapa teman angkatan ku akan melakukan perjalanan panjang menuju Pulau Madura. Bukan dalam rangka rekreasi, tapi untuk menyelesaikan mata kuliah Komunikasi dan Pembangunan alias PKL.
Kami membawa satu bus dan tiga mobil, kebetulan saya berada di mobil bersama dengan bu dosen. Perjalanan di awali dengan melewati Jembatan fenomenal Suramadu (Surabaya - Madura). Rogoh kocek Rp. 30.000 untuk tiket masuk dan kita bisa segera menikmati deburan ombak dan angin laut dari atas jembatan.
Ini adalah pertama kali nya saya pergi ke Pulau Madura setelah puluhan tahun yang lalu. Tujuan kami kali ini adalah Sumenep, yang 'katanya' ada di pucuk pulau madura. Sepanjang perjalanan yang aku lihat masih sepi, hanya rumah penduduk dan sesekali hutan atau bahkan gersang sama sekali. Perjalanan kami tempuh kurang lebih 2-3 jam.
Penginapan 'Asli' Murah Meriah
Sampai di penginapan kami langsung bergegas menuju kamar masing masing. Sulit dipercaya, kamar yang aku tempati harganya hanya Rp. 65.000/ malam dengan fasilitas segudang AC, TV, dua bed, kamar mandi dalam. Asli ini murah banget, penginapan paling yahuud yang aku temui setelah Sosrowijayan Jogja yang harganya Rp. 20.000/malam. Bisa jadi referensi bagi kawan kawan yang cari penginapan nih, letaknya sebelum masuk ke kota Sumenep.
Wisata Odong Odong di Taman Adipura Sumenep
Malamnya kami jalan jalan sedikit sekalian nyebar kuisioner penelitian kami. Eh di Taman Adipura Sumenep ada yang unik. yaitu Odong odong, sebuah motor yang dihiasi lampu kelap kelip lucu banget. Mirip karnaval gitu, cukup bayar 2000 saja kita bisa di antar keliling taman adi pura dengan lagu lagu yang kenceng banget. Siap siap malu, soalnya rata2 yang naik anak kecil kecil. hahahha....

Pantai Slopeng di lihat dari atas bukit pasir
 Keesokan harinya kami pergi ke pantai slopeng. Mungkin jarang terdengar karena rata2 orang Madura tahunya pantai Lombang. Tapi tak ada salahnya mampir sebentar ke pantai yang terkenal dengan bukit pasirnya ini. Konon bukit pasir ini cuman ada dua di dunia yaitu di Indonesia dan di Belanda. Sayangnya pantai ini tak terawat apik, dan juga sepi pengunjung. Tapi tetep aja ombaknya bikin geregetan buat main airrr... kalo ke sini saran saya jangan lupa coba rujak Madura yang rasanya beda kayak rujak di Jawa. Murah murah kok :)

Hari terakhir di Sumenep kami berkunjung ke Kraton Madura yang terletak di belakang Taman Adipura Sumenep. 
Wisata sejarah ke Kraton Sumenep

Berfoto di depan kamar raja raja Madura
Suasanya mirip sama kraton Jogja plus hawa angkernya. Pengunjung lebih banyak orang2 lokal sekitar, ada yang ziarah ada juga yang hanya sekedar raup di kolam suci ini....
Ada 3 pintu, yang ini yang paling rame #Uups
Hahaha, saya sempatkan untuk ambil air buat cuci tangan di pintu nomer 1. Yang lain malah di buat raup muka, walah.. airnya kotor plus ada ikannya pasti amis. Percaya atau tidak tergantung diri masing masing :)

Kuliner enak, Soto Keppo
Perjalanan pulang kami sempatkan mampir juga untuk wisata  Kuliner di Soto Keppo yang katanya terkenal. Wah iya, ternyata rasanya enak banget sotonya. Bedanya dengan soto yang lain itu dia pakai taburan semacam krupuk diatas sotonya, jadi agak kriuk kriuk. Selain itu soto ini juga bisa dinikmati dengan lontong. Satu prosi Rp. 8000 plus minum Rp. 2000, Yahuuuud

Sampai jumpa Madura
Sampai Jumpa Madura, lain kali gantian Pamekasan atau Bangkalan deh yang saya kunjungi. Kamu kapan?!

6 comments :

soFva ZahaRa mengatakan...

nice din :)

Nabila's mengatakan...

mbak dino jalan-jalan mulu *irisetengahmati

Tsabita Shabrina mengatakan...

Asik asik asik, hha kau tepati jg janjimu, suwon jeung, boleh nih masuk list :D

avezahra mengatakan...

aku gak mau kalaaah

MeriskaPW mengatakan...

wuih,, i guess km n temen2mu kuat2.. bisa bawa 3 bus n 1 mobil sampe madura.. haha ^^v

Paramadina mengatakan...

iya teman teman, jangan ngaku indonesia kalo udah pernah ke Bali tapi blm ke Madura. 11-12 lah bagusnya, cuman disana kagak ada turis, adanya 'Deremakkkk' :D

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas