Challenge Yourself Every Single Day

Minggu, 21 Agustus 2011

Kini, Gowes di Indonesia Makin Nyaman

13139416821795227387
Fasilitas Parkir Sepeda yang Disediakan di Salah Satu Mall di Malang
Demam gowes nampaknya tidak makin memudar, justru kian digemari. Cycling menjadi life style baru saat ini. Bersepeda bukan hanya sekedar mengayuhkan sepeda untuk olahraga namun jenis sepeda apa yang dipakai. Iya, jenis jenis sepeda mulai populer seperti Fixie. Pasti tak asing lagi kan dengan jenis sepeda yang satu ini. Sepeda Fixie mempunyai karakteristik yang khas yaitu bentuknya yang ramping dan warna nya yang beragam. Tak heran bila sepeda ini paling mudah di jumpai saat ini.

Jauh sebelum Indonesia mulai demam gowes beberapa tahun terakhir, London sudah mendahului dengan adanya Sepeda Boris. Keperdulian untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan polusi lah yang mengilhami Boris Johnson mencetuskan ide ini. Aturan main sepeda ini memang tidak sembarangan. Pengguna harus merogoh kocek sebesar 14.000 untuk pemakaian per hari. Setiap member akan mendapatkan kunci elektronik untuk mengeluarkan sepeda dari parkiran. Penduduk London menyambut sepeda boris dengan antusias, karena selain menjadi salah satu alternatif moda transportasi di tunjang dengan fasilitas parkir yang nyaman.

13139432441004995461
Icon london: Sepeda Boris
Lalu, bagaimana di Indonesia???

Pemerintah mulai konsen dan serius mengerjakan program khusus sepeda. salah satu yang sudah terwujud yaitu adanya Car Free Day di beberapa ruas jalan tengah kota. Selain mengurangi dampak polusi udara program ini juga sukses membawa banyak orang untuk ‘ikut arus’ bersepeda bersama. Jalur khusus sepeda juga sudah mulai dibuat. Walaupun masih terbatas dibeberapa kota tertentu saja.

Nah, suatu kali ketika saya melewati salah satu Mall besar di kawasan kota Malang saya mendapati adanya parkir sepeda didepan halaman Mall tersebut. Wah keren sekali, mungkin sudah banyak sekolah ataupun perkantoran yang menyediakan tempat parkir sepeda. Namun kali ini Mall sudah mulai menyediakan juga. Mungkin pengelola Mall sadar bahwa Mall merupakan salah satu tempat yang sering di kunjungi anak muda. Dan menyediakan fasilitas yang digemari anak muda sama dengan peluang bukan???!

Tapi sayang beribu sayang. Jika di Sepeda Boris di London mengeluhkan minimnya tempat untuk memarkir sepeda boris mereka. Di sini justru parkiran sepeda kosong mlompong. Lihat saja, hanya ada satu gelintir sepeda yang nangkring disana. Postive thinking saja, mungkin yang lain masih belum datang. hahaha….
Yang jelas, Gowes di Indonesia makin nyaman. Dengan kesadaran berbagai pihak baik pemerintah, swasta dan juga masyarakat maka bukan tidak mungkin kita bisa mengikuti jejak Sepeda Boris London yang ramah lingkungan. (din)

1 comments :

ardhani irfan mengatakan...

Kenyamanan dan keamanan pesepeda di jalan juga perlu ditingkatkan. di jogja sudah ada jalur khusus sepeda dan ruang tunggu sepeda di setiap lampu merah meskipun blm maksimal karena jalur sepeda dipakai parkir mobil dan ruang tunggu di lampu merah juga sering dipakai sepeda motor. -Mari berbagi jalan-

About me

Foto Saya
Paramadina
Wanderlust
Lihat profil lengkapku

Follow me

Blog Archive

Categories

Diberdayakan oleh Blogger.

Páginas